Welcome to Komunitas Tangan Belang

Halo, selamat datang di Komunitas Tangan Belang. Silahkan register untuk mengakses semua fitur di forum ini. Setelah register dan log in, kamu bisa mulai berkontribusi di forum ini. Bikin thread sendiri atau membantu member lain dengan menjawab pertanyaan mereka. Kamu juga bisa mengubah profil sesuai yang kamu inginkan, mendapatkan reputasi karena keaktifan di forum ini, serta banyak lagi!

Pesan ini akan hilang setelah kamu sign in.

Leaderboard


Popular Content

Showing most liked content since 06/28/2017 in all areas

  1. 2 points
    kalo beli PSU, saran ane jangan yg mepet2 kapasitas PSU nya bos.. nanti si PSU nya malah kerja lebih keras.. saran ane sih di 50% kapasitas PSU.. karena disitu juga merupakan nilai efisiensi paling tinggi sebuah PSU.. boros / engga nya listrik bukan diliat dari kapasitas PSU, tapi diukur dari berapa besar watt yg ditarik PSU dari PLN,, contoh: PSU 400 watt yg ane pake buat athlon ii x2 + vga on board + ram 2x2gb + 1 hdd 3.5" + 1 hdd 2.5" + 1 buah case fan + monitor led 22" terukur pake wattmeter narik listrik PLN sebesar 105 watt sedangkan PSU 550 watt yg ane pake buat Ryzen 5 1400 + radeon HD3650 + ram 2x4gb + 1ssd + 1 hdd 2.5" + 2 buah case fan + monitor led 22" terukur pake watt meter narik listrik PLN sebesar 80 watt terus perhitungan biaya listriknya tinggal berapa watt x jam pemakaian x jumlah hari x Rp. 1467/kwh (TDL untuk listrik rumah 900 watt dan keatasnya) jadi dalam kasus ane, athlon ii x2 itu 105 watt x 8 jam x 30 hari = 25.200 Wh -> 25,2 KWh x Rp. 1467 = Rp. 37.000 perbulannya untuk pemakaian 8 jam sehari sedangkan ryzen ane itu 80 watt x 8 jam x 30 hari = 19.200 Wh -> 19,2 KWh x Rp. 1467 = Rp. 28.166 per bulannya cara paling tepat buat ngukur pengeluaran listrik ya dengan beli alat ukur listriknya (wattmeter) nanti bos bakal tau berapa sebenernya pemakaian listriknya.. kalo cuman di kalkulasi2 sih kurang akurat dan kurang realtime juga..
  2. 1 point
    tapi saran ane ambil yang pertama aja sob, soalnya G4560 mampu bersaing dengan core i3 6100
  3. 1 point
    hmm pusing juga harga komponen pada naik yaa.. paling dapet gini bos.. kalo mau agak jadul generasinya, bisa dapet VGA yg mendingan (atau processor yg mendingan kalo dana vganya dialihkan buat beli i5)
  4. 1 point
    ini gimana maksudnya gan?? itu mah kaya spek laptop.. sampe nyebutin hdmi, ethernet, usb dll yg emang udah lumrah ada di laptop.. kalo budget 4-7 juta, yg lumayan mantep buat multimedia mungkin acer e5 475g (i5 kabylake + gt 940 mx) atau asus a456ur (sama processor, beda di gpu aja yg seri 930) atau lenovo ideapad 310 (processor sama, vga nya seri 920) spek lainnya sama semua.. ram 4gb, hardisk 1 tera, layar 14, dvd-rw.. kalo emang budgetnya ada mending itu aja gan.. laptop itu investasi buat produktivitas.. kalo ada budgetnya buat beli core i5, ya beli aja yg i5.. daripada ngirit pake i3 atau pentium / amd tapi malah lebih lelet dan kerjaannya lebih lama selesai mohon maaf kalo kurang berkenan semoga bermanfaat salam kenal
  5. 1 point
    Mohon bantuannya teman teman yang ahli dalam komputer
  6. 1 point
    setau ane gan *opini ane :v, kita harus instal driver Intel HD graphicsnya dulu gan baru bisa ke instalan driver vganya baru works begitu. tapi coba aja agan donlod driver terbarunya dari website nvidianya langsung
  7. 1 point
    racikannya sudah oke gan, agan ke depan ada rencana upgrade ga ?, kalo ada lebih baik pake 500w, jika agan udah puas dengan spek agan sekarang dan ga ada upgrade dalam waktu dekat 430w sudah cukup
  8. 1 point
    bener kata agan agan yang diatas, kalo masih menggunakan athlon x2 paling mentoknya gtx 750 ti, tapi kalo diganti athlon x4 dia sanggup sampe vga gtx 1050ti, ane juga nyaranin pake 1050 ti aja gan lebih irit daya dan performanya bagus, cocok untuk zaman sekarang sett high sampe ultra default
  9. 1 point
    bisa kalo ada yg bilang tidak bisa kau maki orangnya
  10. 1 point
    inno 3d/galax gtx 1060 6gb
  11. 1 point
    juga hddnya ganti yang toshiba 1tb gan, bedanya 100k lumayan wkwkwk :v
  12. 1 point
    kalo AMD agak berat nih bos.. mau nyaranin ryzen, masih kemahalan.. mau nyaranin FX, sayang juga udah ada yg gantiin ._. yaa tapi dicoba apa salahnya.. ya enggak? hehe.. mohon maaf apabila ada yg kurang berkenan semoga bermanfaat salam kenal
  13. 1 point
    hmm ini teh satu kesatuan pertanyaannya? nyari fan ringled yg tahan lama? atau ada 2 pertanyaan.. nanya fan dan nanya ring led? Kalo nanya fan, menurut ane raijintek boreas B termasuk yg bagus dikisaran harganya.. high CFM, high SP, PWM, dan harganya kisaran 100rb-an.. susah loh dapet fan PWM di harga segini.. minusnya kurang menarik aja tampilannya.. selain itu, cryorig QF120 juga bagus kualitasnya.. sesuain sama kebutuhan dan budget aja mau ambil yg seri silent, performance, atau balance.. harganya dari 130rb (silent) - 180rb-an (performance) seinget ane.. diatas itu lagi ada CM masterfan dan fan2 keluarannya noctua.. kalo suka yg silent bisa cari dari beQuiet! tapi harganyaa ._. kalo nyari yg led, diharga 100rb-an paling yaa enermax seri cluster, tb silence, atau casino.. kalo harga diatas itu ane blum ada usul sih.. hehe.. yg lednya adem dipandangan sih seri2 nya corsair hehe kalo nyari fan yg ringled, setau ane ada 3 yg gampang didapet dipasaran.. TT Riing, ID Cooling CF Series, sama cube gaming double ring fan.. yg bagus yg mana atau yg awet yg mana, ane kurang tau.. cuma kalo diliat dari specsheet nya doang, cube gaming yg paling pendek umur pakainya.. dan paling murah juga harganya sih.. mohon maaf apabila kurang berkenan semoga bermanfaat salam kenal
  14. 1 point
    buat warnet apa gamenet bang? kalo 3 juta ane saranin abang ngambil processor IB / SB sama mobo 2nd aja.. misal: i3 ivybridge (3210, 3220 dsb) atau sandybridge (2100, 2120, dsj) trus ditandemin sama mobo chipset h61.. cari yg umurnya ga terlalu tua, merknya terkenal awet, tataletak komponennya bagus (terutama komponen penyuplai daya) dan tentu saja kondisi motherboardnya juga masih bagus.. paket processor sama mobonya biasanya bisa didapet diharga kurang dari 1jt.. bahkan ada seller yg jual i3 2100 baru garansi 1 tahun (tray) di harga kurang dari 500rb.. atau i3 3210 baru diharga 500rb lebih sedikit (ane prefer ambil IB dibanding SB) kenapa ane saranin ivybridge atau sandybridge? soalnya konsumsi listriknya rendah bang.. buat ngurangin tagihan PLN juga bang sisanya sama kaya suhu yg diatas.. RAM ambil yg 4GB (team elite bisa didapet diharga kurang dari 400rb kok), terus PSU wajib ambil yg bagus dan efisien (boleh yg disaranin suhu yg diatas).. kalo cuma buat warnet, ga perlu nambah VGA card lagi.. tapi kalo mau jadi gamenet, ambil aja VGA kelas2 game online tapi yg irit listrik kaya GT710, HD5570 / 6570, GT 630 kepler.. soalnya kadang kita lupa ngebuild PC cuma fokus performa tinggi harga murah, tapi sisi konsumsi listrik dilupain.. padahal itu yg bakal jadi margin keuntungan / kerugian warnet secara terus menerus.. selisih listrik 20 watt per PC aja bisa ngehemat bayar listrik sampai 100rb lebih sebulan (20W per PC x 5 PC x 24 jam sehari x 30 hari x Rp 1467 per kwh (TDL juli 2017)).. kalo setahun dari 5 PC bisa ngehemat 1,3 juta bang.. lumayan buat biaya maintenance.. kalo selisih penggunaan listriknya lebih besar lagi, tentu makin hemat pengeluaran, dan makin gede keuntungannya bang.. mohon maaf bila kurang berkenan semoga bermanfaat salam kenal
  15. 1 point
    game warnet doang mah gini juga cukup pc only kan? kalo sama monitor gausah pake VGA card aja
  16. 1 point
    psunya aja ganti pake yang 500W (tier 3 minimal) dah gitu ganti ke rx 460 ga bonek kok. kalo ada budget gantinya ke gtx 1050/Ti aja
  17. 1 point
    yg perlu diganti cuman VGA sama PSU doang, selain itu gk ada masalah saran gw ambil PSU yang harganya 600ribuan
  18. 1 point
    yang perlu dipertimbangkan sebelumnya adalah; -keperluan lo apaan? Kalo cuma mau nggegame doang, ambil ps4 pun gpp, tap pasikan lo punya uanng sekitar 500-700 ribu atau lebih, buat beli kasetnya (mengingat di steam suka ada steam sale yang ngasih harga yang bener bener murah/bahkan, download crack :v) -secara spek, ps4 bisa dipilih kalo mau ngegame doang, tapi kalo mau pake ini buat nonton film atau lain lain yang ada di pc, ya berati ambil pc, -pc bisa di upgrade, ps4 engga -enak ga pake dualshock? kalo gw sih ga enak :v makanya kalo gua pilih pc buat ngegame
  19. 1 point
    OC vga gak perlu mobo yg khusus OC, OC vga cuman perlu pakai software dari developer vga tersebut atau software dari pihak lain yg emang buat OC vga. Di skenario punyamu pakainya GTX 1050 ti dari ASUS, ya saran gw entar pakainya software dari ASUS namanya GPU Tweak II
  20. 1 point
    keperluan lo apaan? ngegame? budget segitu lo udah bisa dapet yang lebih bagus key specs: pentium g4560 + 8GB Ram + RX 470
  21. 1 point
  22. 1 point
    oh iya,btw yg ditambah 150Mhz itu kalau untuk OC VGA bro untuk OC processor beda lagi,sebagai contoh i7 6700K 4.0Ghz, kan base clock di setiap processor itu 100mhz, di processor i7 6700k cara ngitungnya kok bisa jadi 4.0Ghz itu base clock nya harus dikalikan empat puluh,jadi 100mhz x 40 = 4000Mhz/4.0Ghz nah kalau mau OC yang ditambah itu base clock nya,ditambahnya juga cuman dikit banget,sebagai contoh ane tambah 10Mhz pada base clock nya,kan jadi 110Mhz tuh base clock nya,tinggal dikalikan empat puluh,jadi 110Mhz x 40 = 4400Mhz/4.4Ghz nah jadi 4.4Ghz tuh processor
  23. 1 point
    Stabilizer itu gunanya biar aliran listrik yang disalurkan dari PLN (listrik rumah) stabil bro. Kalo listrik rumah situ nggak stabil. Baiknya pake stabilizer. Intinya biar PSU narik dayanya sesuai atau stabil nggak naik turun supaya komponen PC awet. Untuk PSU2 bagus biasanya ada proteksinya utk menyesuaikan daya yang dialirkan listrik rumah. Harusnya nggak perlu pake stabilizer kalo PSU nya udah bagus.
  24. 1 point
    Range harga 1jt ke atas Audio Technica m40x (headphone) -> closed back, suara netral - slightly v shaped, rada veiled dikit (kayak driver ditutupin tissue *maybe biar ndak keluar tajem2nya*, bass impact lumayan gede. Imaging, staging, dan depth khas monitoring, akurat semua, cuman ndak gede2 stagingnya berhubung dia closed back. Detachable cable. Easy to drive Kingston HyperX Cloud (headset) -> OEM dari pro80, ditambah dan diganti sana sini untuk penghematan biaya dan biar ada microphone. Suara detailed, slightly v shaped, bass impact gede, imaging, staging, dan depth bagus. Size earcup ndak segede m40x, cuman masih masuk itungan fullsize. Easy to drive Yoga X-02 (headset *ada disediakan in-line mic dan splitter (kayak electra jadinya)*) -> fullsize headphone, detachable cable, closed back. Imaging dan soundstage lebih gede daripada m40x, dan depth masih akurat. Bass impact fairly big, main sub bass, slightly bigger than pro80. Resolusi masuk itungan bagus di level harganya, slightly better than m40x (head to head langsung aja kalo mau ngerasain). Easy to drive. Sennheiser Game One (headset) -> fullsize, v shaped, imaging ama staging gede, depth bagus , mic bagus banget noise cancellingnya. Easy to drive, nyaman dipake lama. Resolusi bagus (walaupun di level harganya, banyak yg lain lebih bagus, tapi headphone, tinggal pilih aja mau yg mana ). Bisa dipake di console manapun. Sennheiser Game Zero (headset) -> sama percis kayak game one, cuman resolusi/detailnya a step lebih bagus Audio Technica M50x (headphone) -> closed back, fullsize, abangnya si m40x. Suara fairly balanced, rada tipis dikit, upper mid sedikit nyemprot kalo recordingnya jelek, sub bass impact rada gede. Resolusi bagus, soundstagenya gak segede m40x, cuman lebih akurat depthnya. Easy to drive Beyerdynamic DT880 (all version) (headphone) -> Salah satu headphone "tengah"nya beyerdynamic (setelah ini lompatnya langsung ke high endnya *T1/T5p*). Suara warm, slightly tipis, ngikut setup (works very well with amps that have high voltage swing), soundstage guede, depth akurat (ngikut setup). Walaupun ada versi 32 ohmnya, tetep nuntup setup yang bagus kalo mau suaranya maksimal RHA MA750i (IEM/In Ear Monitor) -> IEM universal fit dengan soundstage luas yang beneran luas (ini sejujurnya pertama kali gw denger ada universal fit iem dengan soundstage seluas ini sejak AKG K3003), suara v shaped, treble kadang rada tajem kalo setup/recordingnya jelek, bass impact gede, housing metal, di paket pembelian dikasi seabreg tips. Easy to drive Beyerdynamic MMX 300 (headset) -> versi closed backnya dt880 yang dikasih microphone. Suara rada v shaped dikit dari dt880, easy to drive, soundstage, imaging, depth akurat, harganya juga gila2an mahalnya, micnya bagus banget (yha iyalah, gara2 nambah micnya aja harganya lebih mahal sejutaan dari versi headphonenya). Audio Technica AD700 (headphone) -> Fullsize, open back, old time legend. Soundstage super gede, super nyaman dipake lama, airy abis, cuman bass rada tipis, dan butuh setup yang lumayan bagus untuk keluar suara aslinya. Audio Technica AD700x (headphone) -> fullsize, open back. Soundstage super luas, depth bagus, airy, ndak ada tajem2nya, rada tipis dikit, more bass than the old ad700. Far more easy to drive. Sumber : kaskus.co.id link : http://www.kaskus.co.id/thread/56ab25b1c1cb17d25d8b456f/gaming-gear-area---share-review-discuss----part-3/
  25. 1 point
    Active power factor correction. PSU jenis kyk gini dia teliti banget soal power yang masuk dari tembok/listrik PLN/ UPS. Nah listrik PLN itu gelombangnya sinewave. Kebanyakan UPS yang murah itu pakenya simulated sinewave atau squarewave. Kalo tetep dipaksain pake non sinewave, ngaruh ke PSU gan. bisa bunyi tuh psu. jangka panjangnya sih bisa rusak.
  26. 1 point
    kalo agan agan di atas pada nyari ups, saran ane disesuaiin sama psu agan. apakah dia apfc atau non apfc. soalnya itu ngaaruh ama upsnya
  27. 1 point
    buat gaming ma yg penting itu Ping nya bukan kecepatan,1Mbps aja cukup kok,dengan catatan Ping stabil paling enggak ping 50 kalau buat streaming secukupnya 720p 2Mbps cukup kok oh iya kebanyakan orang nggak tau kalau Mbps itu Bukan Megabyte Per Second,tetapi Megabit Per Second jadi kalau 10Mbps Setara sama 1250Kbps dan bukan 10 Megabyte per Second
  28. 1 point
    well,kalau nanya masalah indihome yg jaman sekarang ane kurang tau ya,soalnya ane langganan udah lama banget Pakai Speedy alias indihome versi jadul dari thn 2006 jadi ya maap kurang tau,tapi ane sendiri pakai Speedy per bulanya habis 160.000 dengan speed 2Mbps dan Unlimited,murah bgt kan
  29. 1 point
    biasanya kalau di Motherboard Harga Premium udah ada Wi-fi & Bluetooth kalau belum ada,tinggal beli Wi-fii Card/PCI Wi-fi atau kalau pingin lebih gampang pakai USB Wi-fi Adapter contoh gambar barangnya :
  30. 1 point
    Halo teman-teman belangers ! Yuk ngobrol tentang sedikit tentang networking dirumah kalian. Dengan maraknya internet dan wireless dimana-mana, pastinya sekarang hampir disetiap tempat bahkan rumah kita terdapat koneksi Internet. Nah apakah kamu pengguna internet dengan Full Wifi dirumah / menggunakan LAN Cable? atau malah keduanya? Kalau dari saya sendiri menggunakan keduanya. Saya melakukan tes kecil dengan koneksi internet yang menggunakan Wifi dan yang menggunakan LAN cable/Ethernet. Yuk cek gambar dibawah : Yang Pertama menggunakan Wifi Yang kedua menggunakan LAN Cable/Ethernet Hasilnya cukup mengejutkan. Seperti yang kita tahu bahwa sebagus-bagusnya koneksi wifi akan kalah dengan yang menggunakan Kabel. Well,dalam kasus ini tidak teman-teman.Karena banyak faktor yang mempengaruhi speed dari internet walaupun memakai kabel tetep aja tidak menjamin speednya akan lebih baik daripada menggunakan koneksi Wifi. Dari Tes diatas, koneksi yang menggunakan LAN cable TIDAK direct langsung ke router melainkan menggunakan LAN cable Repeater yang menggunakan Socket listrik dirumah (Wall to wall) dengan jarak kurang lebih 10m-13m dari router ke komputer (ini biasanya digunakan pada rumah yang memiliki ground floor lebih dari satu mengingat sulitnya memasang kabel LAN yang panjang). Sedangkan untuk koneksi Wifi juga sama TIDAK direct langsung ke router, melainkan menggunakan pemancar sinyal wifi atau WIFI Repeater yang jaraknya kurang lebih 5m dari komputer dan tembus tembok. Analisa penyebab speed yang kurang maksimal pada koneksi LAN Cable/Ethernet ialah karena jarak yang cukup jauh serta kabel yang digunakan kurang bagus. Yep saya pakai kabel LAN standar (CAT5e) yang panjang kurang lebih 10m. Apabila kabel lebih pendek dan menggunakan kabel kualitas dengan baik, maka sangat mungkin untuk mendapatkan speed internet yang maksimal. Referensi merk kabel yang bagus buat temen-temen belangers bisa dicoba merk "BELDEN" Ok segitu aja dari saya, mungkin dari temen-temen ada yang mau nambahin soal ini karena saya juga masih awam soal networking atau bisa juga sharing hal lain yang masih membahas koneksi Wifi/Ethernet. Cheers !!